You are here

Kantor DP-PKT Bontang akan dimanfaatkan untuk Klinik RS-PKT

Pengurus DP-PKT telah lama memikirkan upaya untuk memanfaatkan idle capacity dari kantor Dana Pensiun di jalan S Parman Bontang. Pasalnya saat ini, setelah dilakukan restrukturisasi dan pemindahan sebagian karyawan dari Bontang ke Jakarta, hanya sekitar 25% saja ruang gedung yang digunakan.

Awalnya Pengurus hendak menyulap kantor tersebut manjadi budget Hotel setara bintang 1 atau 2. Feasibility Study oleh konsultan pun telah dibuat. Investasi untuk tujuan ini cukup tinggi yaitu sekitar Rp 3 M dan Pengurus merasa perlu menggandeng mitra yang memiliki kompetensi. Ternyata tidak mudah mencari mitra yang cocok meski peluang untuk usaha  ini cukup menjanjikan. Pengurus lalu berubah haluan dengan mengupayakan menyewakan ruang untuk perkantoran. Sudah banyak perusahaan yang tertarik seperti PT Pertagas, Perusda Bontang dll, namun ternyata realisasinya juga tidak mudah. Ada berbagai kendala seperti  permintaan tambahan fasilitas yang sulit dipenuhi, persetujuan dari pusat perusahaan tersebut yang belum turun dll.

Akhirnya, seiring dengan semakin dekatnya hubungan antara DP-PKT dengan Rumah Sakit PKT (cq  PT Kaltim Medika Utama), setelah dilakukan kajian dan beberapa kali pertemuan, Para Pihak setuju untuk melakukan kerjasama pemanfaatan Gedung tersebut menjadi Klinik RS-PKT. Konsep kerjasama yang disepakati adalah bagi hasil. Ini adalah konsep yang sinergis karena Klinik tidak dibebani oleh biaya sewa yang memberatkan, terutama di awal operasi yang masih mencari pasar dan DP-PKT diprediksi  akan memperoleh manfaat yang lebih besar setelah 1-2  tahun beroperasi dan diperoleh laba yang memadai. Pada tahun pertama Klinik ini diproyeksikan masih merugi, namun pada tahun kedua dan seterusnya Klinik diproyeksikan akan memperoleh keuntungan yang semakin meningkat dengan IRR sekitar 12 %.

Disamping mengoptimalkan Gedung, pemanfaatan ini juga akan dirasakan oleh peserta dan pensiunan berupa layanan medis yang lebih dekat karena lokasi Gedung berdekatan dengan sebagian besar domisili peserta dan pensiunan di Bontang.

Klinik RS-PKT direncanakan akan menggunakan lantai 1 dan 2, sementara lantai 3 tetap digunakan untuk Kantor Pengurus DP-PKT. Namun layanan untuk pensiunan tetap akan disediakan di lantai 1 untuk memudahkan peserta/pensiunan berkomunikasi dengan pengurus. 

Menurut dr Nurul, Dirut PT KMU, Bontang masih kekurangan klinik, sementara untuk Rumah Sakit sudah mencukupi.  Hadirnya klinik RS-PKT di Gedung DP-PKT jalan S Parman ini kiranya data memberi kontribusi yang positif baik kepada DP-PKT, PT KMU, Peserta dan juga masyarakat luas. Semoga (by Ezrinal Azis)

Bergabung Bersama Kami di Twitter!