You are here

Pembelian Saham PT Kaltim Medika Utama

Pada akhir Desember 2013 yang lalu DP-PKT telah membeli sebagian saham portepel PT Kaltim Medika Utama (PT KMU) dengan setoran modal awal senilai Rp 2 Milyar. Langkah korporasi ini dimaksudkan untuk memaksimalkan portofolio pemilikan langsung yang berdasarkan aturan dibatasi hanya 10% dari total asset.

PT KMU yang lebih dikenal dengan Rumah Sakit PKT dinilai memiliki performance dan prospek yang cukup menjanjikan. Saat ini disamping melayani karyawan PKT, PT KMU telah mengembangkan sayap dan beroperasi di lokasi prospektif di Kaltim seperti Sangatta, Bengalon, Samarinda dan juga Balikpapan. Sebelumnya PT KMU juga mengoperasikan klinik Satelit di Jalan Imam Bonjol Bontang dan cukup diminati masyarakat sekitar. Sukses di Bontang PT KMU langsung tancap gas ke lokasi lainnya.

PT KMU melakukan ekspansi ini dipicu oleh makin berkurangnya pendapatan dari PKT karena penerapan sistem kapitasi dan penggunaan Jasa Asuransi untuk melayani kesehatan karyawan PKT. Keberhasilan PT KMU yang tidak bergantung pada PKT mungkin patut dicontoh oleh perusahaan afiliasi lainnya.

Tahun ini PT KMU mencatat laba sebesar Rp 7,6 M dan pada tahun 2014 direncanakan laba akan meningkat menjadi Rp 9,3 M. Meningkatnya laba di tahun 2014 terutama diproyeksikan berasal dari operasionalisasi unit peralatan medis yaitu Multislice CT Scan  di  RS PT KMU di Samarinda yang diperkirakan akan laris manis karena kebutuhan yang tinggi dan belum ada saingan. PT KMU yang haus investasi ini perlu disupport dengan pendanaan dari DP-PKT.

Direncanakan investasi DP-PKT pada penyertaan langsung di PT KMU tahun 2014 (yang disesuaikan dengan kebutuhan investasi PT KMU akan) mencapai Rp 8,5 Milyar. Saat ini masih dilakukan appraisal atas PT KMU untuk menetapkan equivalensi saham DP-PKT pada PT KMU.

Bergabung Bersama Kami di Twitter!