You are here

Seminar Nasional " Ekonomi Outlook Tahun 2015 & Aktuaria "

Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) adalah organisasi yang didirikan pada tanggal 27 Agustus 1985 saat ini anggotanya sebanyak 265 terdiri dari DPPK sebanyak 241 dan DPLK sebanyak. 24 dengan total asset 168,10 trilyun. Sebagai organisasi yang berperan dalam mengemban fungsinya sebagai wadah berhimpunnya Dana Pensiun Pemberi Kerja yang dikelola secara profesional dan akuntabel dengan konsep Good Pension Fund Governance serta berperan dalam pembangunan ekonomi nasional dan dapat meningkatkan citra dan eksistensi Dana Pensiun sebagai Lembaga Keuangan Non Bank.

ADPI Komisariat Daerah (KOMDA) VII Kalimantan merupakan perwakilan ADPI di daerah yang ikut serta bersama-sama memajukan industri Dana Pensiun.  Salah satu tugasnya adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada anggota ADPI baik yang berada di wilayahnya maupun diluar wilayahnya. Dibawah ketuanya Ir. Ezrinal Azis selaku Direktur Utama Dana Pensiun Pupuk Kaltim dalam rangka memasuki periode triwulan IV tahun 2014 , kondisi perekonomian memberikan tantangan sekaligus peluang investasi yang berbeda dengan kondisi pada triwulan I hingga triwulan III di tahun 2014. Dampak faktor eksternal dan domestik antara lain akibat fluktuasinya nilai tukar rupiah dan kenaikan harga BBM subsidi yang dilakukan oleh Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla serta kondisi politik dengan susunan kabinet terpilih, para pengamat ekonomi meyakini akan menghadirkan iklim investasi yang lebih baik di tahun 2015.

Tentunya selaku pengelola dana harus bisa mencermati indikator ekonomi baik pada Triwulan IV tahun 2014 maupun di tahun 2015 yang memiliki dampak terhadap kinerja Investasi Dana Pensiun. Dengan adanya kondisi tersebut KOMDA VII ADPI Kalimantan berinisiatif mengundang pakar ekonomi Ibu Hendri Saparini untuk bisa menyampaikan gambaran kondisi ekonomi di akhir tahun 2014 dan khususnya pada tahun 2015 yang akan datang yang dikemas dalam acara Seminar Nasional dengan tema “ Ekonomi Outlook tahun 2015 & Dampak Asumsi Aktuaria Pada Pendanaan Dana Pensiun “ . Untuk pembahasan Dampak Asumsi Aktuaria pada Pendanaan Dana Pensiun disampaikan oleh Ibu Enny Pancawardani ketua Aktuaris Indonesia. Sebagai keynote speech adalah Bpk Heru Juwanto Direktur Pengawasan Dana Pensiun dan BPJS Ketenagakerjaan Otoritas Jasa Keuangan

Kegiatan Seminar tersebut dapat terlaksana berkat dukungan para sponsor utama kita antara lain PT Asuransi Jiwasraya dan PT Agung Podomoro Land. PT Samuel Sekuritas, PT Ciptadana Aset Manajemen, PT Onix Sekuritas, PT BNI Sekuritas, Mandiri Custody, dan lain-lain turut serta mensuport kegiatan Seminar Nasional KOMDA VII Kalimantan

Hadir Peserta Seminar dari Pendiri, Dewan Pengawas, Pengurus dan Staff Dana Pensiun dari berbagai wilayah di Indonesia baik KOMDA I wilayah Sumatera Utara hingga KOMDA VIII wilayah Sulawesi sampai Papua. Tak kurang dari 125 orang mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dari awal hingga berakhirnya acara.

Harapan Pengurus KOMDA VII wilayah Kalimantan selaku penyelenggara kegiatan tersebut akan membawa dampak positif khususnya Pendiri, Dewan Pengawas & Pengurus Dana Pensiun dalam menghadapi kondisi ekonomi 2 tahun terakhir ini kondisinya yang tidak stabil, mudah2an di tahun 2015 membawa harapan yang positif dalam mengemban pengembangan dana bagi kelangsungan kesinambungan penghasilan khususnya bagi Peserta Dana Pensiun, sehingga program pensiun yang dilaksanakan oleh Pemberi Kerja dapat berlangsung secara konsisten dan berkelanjutan.

Bergabung Bersama Kami di Twitter!